Wisata Ramah Difabel di Indonesia

6 Wisata Ramah Difabel di Indonesia 

Memutuskan tujuan wisata mana yang akan dikunjungi bisa menjadi hal yang sulit bahkan kadang menakutkan bagi para penyandang difabel. Hal ini karena tidak semua tempat wisata ramah difabel

Tapi jangan sedih, meski tidak banyak dan tidak di semua kota, Indonesia tetap memiliki beberapa objek wisata yang cocok untuk dikunjungi difabel kok. Jadi, buat kamu yang berencana untuk pergi liburan dengan teman, saudara, atau keluarga penyandang difabel, coba cek rekomendasi tempat di bawah ini yuk.

Daftar Tempat Wisata Ramah Difabel

Mulai dari Jakarta hingga Jogja, inilah sejumlah kota di Indonesia yang memiliki tempat wisata ramah disabilitas:

  • Monumen Nasional

Berdiri kokoh sejak tahun 1975 di tengah Lapangan Merdeka, Jakarta Pusat, Monumen Nasional menjadi salah satu objek wisata kuno sekaligus populer di Indonesia.

Tapi jangan salah, meski usianya sudah lebih dari 45 tahun, tempat ini terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya, lho. Begitu juga dengan fasilitasnya, terus ditambah dan bahkan sudah ada fasilitas khusus difabel.

Tidak jauh dari pintu masuk, kamu akan melihat jalur khusus kursi roda lengkap dengan fasilitas kursi roda yang bisa digunakan pengunjung difabel atau lansia. Sedangkan di bagian dalam, ada lift khusus pengguna kursi roda untuk naik ke lantai atas, agar bisa melihat pemandangan kota metropolitan ini dari ketinggian.

  • Kafe Mbok Ndoro

Masih di Jakarta, ada sebuah kafe ramah disabilitas yang memiliki desain bangunan klasik, namun dengan menu dan fasilitas modern bernama Mbok Ndoro.

Lokasinya ada kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Panglima Polim 37 A-H, Desa Melawai. Bangunan yang sekarang menjadi kafe ini sangat bersejarah lho, karena puluhan tahun lalu pernah menjadi tempat Percetakan Uang Republik Indonesia.

Selain mushola, toilet umum, dan amphiteater, tempat ini juga menyediakan fasilitas khusus seperti toilet disabilitas dan ramp kursi roda.

  • Fairy Garden

Fairy Garden menjadi salah satu objek wisata ramah disabilitas di luar Jakarta, tepatnya di Jalan Raya Maribaya 149/252, Kampung Babakan Gentong, Desa Cibodas, Kelurahan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Berdiri di atas lahan seluas 2 hektar, Fairy Garden merupakan taman tematik dengan bangunan kastil seperti di dalam film peri lengkap dengan taman peri bunga, peri air, peri masak, dan peri hutan.

Selain cocok untuk anak-anak, objek wisata ini juga cocok untuk difabel karena sudah dilengkapi dengan gate khusus difabel, toilet ramah disabilitas, dan ramp kursi roda.

  • Babakan Siliwangi

Masih di Kota Hujan alias Bandung, ada objek wisata alam yang indah untuk tempat bersantai saat akhir pekan yang bernama Babakan Siliwangi, atau biasa disingkat Baksil. Hutan kota seluas 3,8 hektar ini merupakan paru-paru kota sekaligus salah satu tempat rekreasi kebanggan di Bandung.

Selain tempatnya yang teduh, suasana asri, dan udara yang segar, objek wisata ini juga ramah disabilitas terbukti dari peniadaan tangga di sepanjang jalur hijau tempat ini, sehingga pengguna kursi roda bisa berkeliling dengan lebih mudah.

  • Museum Benteng Vredeburg

Bergeser dari Provinsi Jawa Barat, ada Museum Benteng Vredeburg di Jawa Tengah tepatnya di Jogja yang menjadi salah satu tempat wisata ramah disabilitas sekaligus sangat bersejarah di Indonesia.

Benteng buatan Belanda ini menjadi rumah bagi ratusan diorama yang menceritakan masa penjajahan Indonesia hingga orde baru. Museum ini memiliki fasilitas cukup lengkap termasuk kursi roda yang bisa disewa dan jalur khusus pengguna kursi roda.

  • Gembira Loka 

Gembira Loka adalah objek wisata lain yang bisa kamu datangi saat liburan ke Jogja bersama teman atau saudara difabel. Bagian pintu masuk tempat ini dibagi menjadi dua, yaitu jalur umum dengan tangga, dan jalur khusus untuk difabel atau lansia yang menggunakan kursi roda.

Jalur kedua ini juga dilengkapi dengan pegangan besi di kedua sisi sebagai rambatan para lansia yang kebetulan tidak menggunakan kursi roda. Toilet khusus difabel juga sudah ada lho, namun untuk saat ini hanya tersedia bagian depan saja, belum ada untuk di area dalam Gembira Loka.

Salah satu dari enam tempat wisata ramah difabel di atas cocok banget nih untuk liburan keluarga saat akhir pekan. Tapi jika ingin suasana yang lebih sepi agar bisa merasa nyaman, bisa banget datang saat weekdays ya, karena semua tempat di atas dibuka setiap hari untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *